5 Keuntungan Memilih Nasi Kotak Untuk Berbagai Acara


Nasi kotak Jakarta - Nasi kotak biasanya merujuk pada nasi yang dikemas dalam dus khusus makanan dan dihidangkan dengan berbagai varian sayuran dan lauk pauk. Selain kardus, biasanya nasi kotak juga dikemas dalam kotak stryrofoam ataupun mika. Nasi kotak dapat dipesan di warung-warung kecil atau besar, atau bahkan di restoran-restoran yang menawarkan jasa katering . Anda bisa memesannya dalam jumlah yang kecil ataupun banyak untuk event-event tertentu.

Sejarah Nasi Kotak

Nasi kotak pada umumnya mulai dipakai saat masyarakat mengadakan ritual atau acara sembahyangan. Dimana, dalam acara ritual tersebut sajian nasi kotak dilengkapi berbagai sesaji dari hasil olahan alam. Saat ritual sembahyangan selesai, maka sesajen tersebut akan ditinggalkan begitu saja di tempat keramat. Tapi ada sebagian nasi kotak yang dibawa kembali atau bisa saling bertukar serta dibagikan pada sesama peserta sembahyangan tersebut, jadi nasi box ini bisa dibilang sebagai bawaan atau berkat.

Sesudah agama Islam memasuki Indonesia, adat ritual mayoritas dari masyarakat beragama Hindu-Budha ini mulai ditinggalkan. Tapi ada beberapa ulama agama Islam yang tetap memakai peradaban Hindu-Budha tadi dengan cara yang tidak sama, tapi hanya sebagian kecilnya saja yang diadopsi supaya tetap dapat dilestarikan sekaligus sebagai bentuk akulturasi peradaban agama Islam dan Hindu-Budha di Indonesia sampai saat ini.

Sama halnya dengan nasi box, di era sekarang banyak orang memanfaatkan nasi kotak sebagai hidangan untuk para tamu dalam acara syukuran atau acara-acara penting. Jika awalnya nasi berkat ini dibungkus menggunakan bambu anyaman atau daun, tapi sekarang nasi berkat dibungkus menggunakan beberapa bahan. Perubahan pembungkus ini awalnya ialah saat kertas karton atau kardus diproduksi massal dan kini masyarakat pun mulai memakainya sebagai wadah lauk-pauk, snack, nasi, dan sebagainya. Itulah alasan mengapa nasi berkat akhirnya berubah nama sebagai nasi kotak atau nasi box.

Hidangan nasi kotak atau nasi boks lebih sering dipakai untuk hidangan dalam perayaan atau acara tertentu sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan YME dan tujuan lainnya tergantung dari orang yang mengadakan acara itu sendiri.

Adapun pemakaian nasi kotak sendiri biasanya dikarenakan nasi kotak lebih praktis. Apalagi pemakaian nasi kotak bisa dibilang lebih irit biaya bila dibandingkan harus memakai menu prasmanan, dimana biasanya jauh lebih membutuhkan banyak biaya.

Selain itu, nasi kotak tersebut tak hanya sebagai sajian untuk acara-acara tertentu saja, tak sedikit orang menggunakan nasi kotak di acara ulang tahun anaknya. Acara-acara lainnya yang biasanya memakai nasi kotak ialah acara gathering, kantor, training, talk show, rapat, arisan, pernikahan, dan pengajian.

Kenapa Harus Memilih Nasi Box?

Banyak orang memilih nasi box dengan alasan kepraktisannya. Namun masih ada banyak keuntungan dan alasan lainnya kenapa harus menggunakan nasi kotak sebagai hidangan acara-acara tertentu, diantaranya :

1. Lebih hemat biaya, sebab dalam 1 bungkus nasi kotak sudah dihidangkan satu menu makanan, diantaranya ada nasi, kerupuk, lauk pauk, sayur, buah, sampai minum. Jika dibandingkan biaya yang mesti dikeluarkan memakai menu prasmanan, tentu nasi kotak lebih terjangkau, hemat dan lebih praktis.

2. Bagi yang mempunyai banyak aktivitas, serta tak memiliki banyak waktu untuk memasak sendiri demi kelancaran acara yang dibuat, maka Anda bisa memesan nasi kotak sebagai alternatif paling mudah. Sehingga Anda pun tak pelru repot lagi membuat hidangan untuk para tamu sendiri.

3. Anda bisa menyesuaikan nasi box yang dipesan dengan jumlah para tamu undangan, sehingga tak akan banyak makanan terbuang seperti saat memilih katering  berbentuk prasmanan. Hal tersebut juga dibuat agar memastikan tamu undangan memperoleh jatah makanan.

4. Nasi box bisa membantu tamu undangan yang datang, sehingga mereka tak perlu lagi mengantre panjang untuk mendapatkan makanan.

5. Para tamu undangan bisa memilih apakah mereka ingin memakan nasinya pada saat itu juga atau ingin dibawa pulang. Tentu saja jika ingin di bawa pulang, nasi box merupakan pilihan paling praktis dan mudah.

Itulah beberapa keuntungan dan alasan memilih nasi kotak untuk acara syukuran. Karena itu, jangan repot-repot dan bingung memasak untuk acara Anda, langsung saja pesan nasi kotak untuk kelancaran acara Anda!

Description: 5 Keuntungan Memilih Nasi Kotak Untuk Berbagai Acara
Rating: 4.5
Reviewed by: Hafiz Ridho
On: Monday, October 07, 2019
TOP