PT.Gunung Gilead Menjamin Kualitas Produksinya

Indonesia merupakan salah satu negara yang memang masih berkembang di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang Industri. Namun meskipun masih berkembang, banyak sekali perusahaan – perusahaan yang sudah melebarkan sayapnya ke mancanegara. Salah satunya adalah PT Gunung Gilead yang bergerak di bidang pembuatan kertas karton.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, PT Gunung Gilead merupakan perusahaan yang memfokuskan dirinya pada industri pembuatan kemasan kertas karton yang didistribusikan ke pasar nasional bahkan internasional. Berbagai produk yang di mereka ciptakan juga memang memiliki kualitas yang tinggi dan memberikan pelayanan yang sangat baik.

Meskipunhanya bergerak dalam industri pembuatan kotak kemas karton, namun terdapat banyak aspek yang harus dipertimbangkan dalam pembuatannya. Produk apa yang anda buat, karakteristik, apakah kemasan digunakan untuk mempromosikan ataumelindungi dan lain sebagainya harus diperhitungkan agar kemasan yang nanti diproduksi bisa membuat pelanggan puas. Terdapat juga staff penjualan yang siap memberikan anda saran agar kemasan sesuai harapan.

Perusahaan PT Gunung Gilead ini memang sudah berkomitmen untuk menjadi pemroduksi kemasan terkemuka yang ada di indonesia dan terus menunjukan manfaat dari teknologi yang mereka buat. Biasanya PT Gunung Gilead ini menyediakan berbagai karton untuk berbagai industri makanan, minuman dan juga untuk industri grosir.

Mereka juga memiliki komitmen untuk membentuk hubungan yang baik kepada setiap pelanggan dengan cara memenuhi seluruh harapan para pelanggan yang kebutuhan pengemasannya berbeda – beda. Selain itu, PT Gunung Gilead memiliki tujuan untuk mampu menyediakan berbagai produk berkualitas kepada para pelanggannya dan meningkatkan kualitas dari materialnya.

Pembuatan Karton

Bahan utama dari sebuah karton adalah serat selulosa yang sering ditemukan dalam kayu yang menyatu dengan lignin. Setelah mendapatkan serat tersebut, dilakukan proses mekanis dan kimia untuk memisahkan serat selulosa dari lignin ini. Hal pertama yang dilakukan adalah dengan memotong dan menggiling kayu menjadi unit yang sangat kecil dengan proses mekanik. Setelah itu dilakukan proses pembuatan pulpmdengan proses kimia yang menggunakan sulfat untuk melarutkan lignin. Setelah itu dilakukan lah proses kraft yang mampu menghasilkan serat yang baik dan menjadi kertas yang kuat dengan melibatkan proses mekanik dan kimia.

Bahan - Bahan Karton

Untuk Bagiannya, pada industri pengemasan tentu saja tidak sembarangan dalam memilih kertas untuk pembuatan kemasan kotak karton bergelombang. Terdapat dua bahan utama kotak ini, yang pertama adalah liner dan yang kedua adalah fluting.

1. Liner

Kertas Liner biasanya digunakan pada bagian luar dari karton. Yang berbentuk lembaran. Terdapat dua jenis dari liner ini yaitu Kraft Liner dan Test Liner. Kraft Liner terbuat dari Virgin Pulp sehingga kualitasnya sangat baik dan biasanya permukaannya sangat halus. Setelah itu ada juga Test Liner yang terbuat dari 100% bahan daur ulang kertas, namun dengan penambahan additive mampu meningkatkan kualitas dari test liner ini, meskipun memang kualitasnya masih dibawah Kraft Liner.

2. Fluting Medium


Fluting merupakan bagian bergelombang yang terdapat pada karton. Terdapat juga dua jenis dari medium fluting ini yaitu Semi Chemical Medium Fluting yang terbuat dari serat pendek kayu keras dengan sedikit campuran dari waste paper yang diolah dengan cara semichemical. Lalu ada juga Bogus Medium yang terbuat dari bahan daur ulang kertas.

Setelah kedua bahan tersebut didapatkan, keduanya dimasukan kedalam mesin Corrugator. Corrugator merupakan mesin besar dengan ukuran kira kira 100 meter dan mahal yang sangat berguna dalam pembuatan karton bergelombang ini. Cara kerja mesin ini yaitu:

1. Pembuatan Single Wall dan Double Wall

Proses pertama yang dilakukan adalah dengan melemaskan kertas medium dengan uap  ke dalam pre conditioner yang kemudian dibentuk menjadi flute atau gelombang dengan menekan diantara dua corrugating roll.

Setelah menjadi flute, dilakukan pemberian lem pada tiap – tiap puncak gelombang yang berbahan dasar tapioka. Sebelum menempelkan flute ke linerboard, linear board harus dipanaskan terlebih dahulu dan baru ditempelkan dengan flute di press roll menjadi single face dan masuk ke double facer.

Di double facer ini, lapisan liner board kedua yang sudah dipanaskan ditempelkan ke flute bagian luar yang bagian puncaknya sudah diberi lem. Diperlukan heating plate agar dua linerboard ini menempel dengan sempurna.

Setelah keluar dari heating plate, sheet tinggal melakukan proses pendinginan dan dipotong menuju unit slitter sesuai keinginan. Untuk double wall proses nya sama dengan diatas hanya saja diperlukan dua single facer.

2. Proses Konverting

Corrugated sheet yang telah dihasilkan oleh Corrugator akan masuk kedalam bagian converting untuk menjadi lembaran kotak karton gelombang. Disini anda akan melihat lembaran – lembaran karton diproses dengan cara pemberian cetakan, pembuatan creasing vertikal (bakal lipatan), pemotongan slotter juga lidah box, dan proses melipat juga pengeleman. Setelah proses pembuatan kotak karton gelombang ini selesai, barulah dilakukan proses pengikatan dengan jumlah pcs yang sesuai dengan permintaan

Meskipun proses pembuatan kotak karton bergelombang ini selesai, namun tetap saja harusada beberapa proses penunjang yaitu:

1. Pembuatan Printing Plate

Proses mencetak atau printing Box karton di dalam mesin Flexo yang menggunakan pelat cetak yang fleksibel, seperti karet atau bahkan photopolymer. Penggunaan pelat karet saat ini bisa dibilang sudah mulai ditinggalkan karena dengan kemajuan teknologi. Selain itu juga saat ini banyak tuntutan market yang menginginkan kotak pengemasannya menggunakan gambar yang sangat kompleks, sehingga jika menggunakan plat karet, gambar yang dihasilkan tidak akan memuaskan.

2.Proses Wrapping & Palletizing

Industri kemasan saat ini memiliki banyak sekali kompetitornya, sehingga tentu saja tidak aneh jika terdapat peningkatan tuntutan yang dilakukan oleh customer, misalkan saja ingin karton box nya dilapisi wax, ingin dikirim dengan palet, ada yang ingin dibungkus plastik, bahkan ada juga yang setelah di pallet ingin dibungkus kembali oleh stretch film.

Untuk pengirimannya pun tidak sembarang diangkut. Untuk box yang menggunakan pallet maka diperlukan mobil wing box yang bisa dibuka di sisi kiri dan kanannya. Tentunya dengan banyaknya proses dan tuntutan seperti itu, PT GUNUNG GILEAD memastikan untuk bisa memenuhi harapan dan keinginan para pelanggannya dan melayaninya dengan baik.

Tetapi selain dengan pembuatan karton box, PT GUNUNG GILEAD juga sering mengadakan acara – acara amal seperti acara donor darah yang sudah diadakan pada tanggal 7 Februari lalu. Acara yang diadakan di kantor PT GUNUNG GILEAD, Jln. Pertamina No. 77, Rejosari, Sumberrame, Kec. Wringinanom, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61176 ini sudah mengadakan acara donor darah sejak 15 Oktober lalu, hal ini dilakukan untuk menunjukan bahwa selain untuk memuaskan pelanggan dengan kemasan yang dibuatnya, PT. GUNUNG GILEAD juga ingin menunjukan bahwa mereka peduli dengan sesama.

Berikut beberapa foto acara kegiatan donor darah yang diadakan oleh perusahaan ini










Description: PT.Gunung Gilead Menjamin Kualitas Produksinya
Rating: 4.5
Reviewed by: Hafiz Ridho
On: Sunday, July 07, 2019
TOP