6 Penyebab Kanker Payudara

Kesehatan adalah hal yang terpenting. Banyak orang yang berdoa kepada sang pencipta meminta kesehatan selain meminta rezeki. Kesehatan merupakan hal yang terpenting orang mempunyai uang kaya saja tentu tidak akan merasa menikmati hidup jika sedang sakit.

Apalagi jika terkena sebuah penyakit kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dapat mengakibatkan kematian. Kanker sendiri merupakan penyakit yang menyerang jaringan organ pada tubuh, kanker membuat jaringan tersebut mengganas dan tidak bisa dikendalikan.

Keganasan kanker tersebut dapat mengakibatkan kematian ke para penderitanya. Kanker sendiri dapat menyerang ke berbagai jaringan organ tubuh manusia. Salah satunya adalah kanker payudara. Seperti namanya Kanker ini menyerang jaringan pada payudara/dada pada manusia. Penyebab kanker payudara sendiri banyak sekali, yang jelas penyakit kanker tidaklah menular. Jadi jangan takut mendekati orang yang sedang terkena penyakit ini.

Kanker payudara sendiri dapat menyerang pada pria, namun mempunyai persentase lebih kecil daripada wanita. Kanker payudara sendiri menjadi penyakit kanker Nomor dua paling mematikan selain kanker leher rahim. Penyakit ini sendiri akan menyerang semua jaringan di organ yang mengenainya seperti syaraf, otot dan lemak pada organ tersebut. Penyakit ini sangat berbahaya jika diderita oleh anak kecil, karena dalam masa pertumbuhan, jaringan kanker juga bertumbuh dengan pesat. Para penderita ini mempunyai kemungkinan hidup hingga 80%. Untuk penyembuhannya sendiri metode operasi pembedahan untuk mengambil kanker tersebut adalah satu-satunya cara agar penyakit ini hilang.

Kanker payudara sendiri tidak menyerang kulit payudara. Kanker ini menyerang jaringan organ di dalamnya. Penderita kanker payudara akan berdampak pada bentuk payudara yang aneh. Kanker sendiri jika dilihat secara bentuknya hampir menyerupai tumor namun bedanya jika tumor tidak berbahaya, kanker adalah tumor ganas. Penyebab kanker payudara sendiri lebih banyak karena faktor genetika. Gejala kanker payudara sendiri dapat dirasakan oleh wanita. Gejala tersebut biasanya berupa tiba-tiba payudara ada benjolan. Benjolan tersebut jika dipegang tidak sakit. Terkadang puting mengeluarkan darah.

Menurut penelitian sendiri ada faktor-faktor yang menyebabkan kanker payudara tersebut, walaupun penelitian ini bisa dibuktikan secara pasti atau tidak. Berikut adalah beberapa faktor penyebab kanker payudara yang sering temui :

1. Pengaruh hormon
Menurut penelitian dari Harvard School of Public Health mereka beranggapan bahwa hormon estrogen mempunyai pengaruh besar dalam penyebab kanker payudara. Di buktikan dalam risetnya yang memantau para wanita yang melakukan terapi Diana dapat meningkatkan hormon estrogen. Ternyata beberapa wanita mengikuti terapi tersebut menderita kanker payudara sebelum masa menopause. Oleh karena itu mereka beranggapan hormon estrogen yang berlebihan bisa menimbulkan kanker payudara. Sel-sel yang sensitif dan jinak ini akan menjadi ganas jika mendapatkan rangsangan hormonal.

2. Lemak
Makanan yang mengandung lemak mempunyai pengaruh besar terhadap penyebab kanker payudara. Selain lemak mempunyai pengaruh besar terhadap penyakit jantung, ternyata lemak juga merangsang tubuh untuk mengaktifkan sel-sel kanker pada tubuh. Lemak yang dimaksud di sini adalah lemak jenuh atau lemak hewani. Lemak nabati lebih aman untuk dikonsumsi.

3. Obesitas
Obesitas sendiri adalah satu kelainan pada tubuh manusia karena memiliki kelebihan kandungan lemak di dalam tubuh. Seperti penjelasan sebelumnya orang yang mempunyai lemak secara berlebihan mempunyai resiko menderita kanker payudara. Tentu orang yang mengalami obesitas juga akan mempunyai kemungkinan besar terkena kanker payudara. Bagi para penderita obesitas harus segera menurunkan kadar lemak pada tubuhnya dengan cara diet atau olah raga agar tidak terkena kanker payudara.

4. Alkohol
Tidak perlu diperdebatkan lagi bahwa alkohol dapat merusak kesehatan. Hal ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Nurse’s Health Study melakukan penelitian wanita yang meminum minuman mengandung alkohol 1 atau 2 gelas. Mempunyai kemungkinan terkena kanker payudara 50% dari wanita yang tidak pernah sama sekali meminum minuman alkohol.

5. Rokok
Selain Alkohol barang yang sangat merugikan manusia adalah Rokok. Rokok sendiri mengandung banyak zat kimia berbahaya di dalamnya. Zat kimia tersebut penyebab kanker payudara. Selain perokok aktif yang mempunyai kemungkinan terkena kanker ini. Perokok pasif ( tidak merokok namun menghirup asap rokok ) juga dapat terkena kanker payudara. Asap rokok sendiri juga mengandung zat-zat kimia yang berbahaya bagi tubuh.

6. Faktor Genetik
Yang terakhir penyebab kanker payudara adalah faktor keturunan. Seorang anak tentu akan membawa gen dari ayah dan ibunya. Faktor gen inilah yang menyebabkan orang terkena kanker tersebut. Bila orang tua mengidap kanker payudara kemungkinan besar anaknya juga mempunyai sel-sel kanker yang siap aktif menyerang sang anak.

Melihat beberapa faktor penyebab kanker payudara ini, anda harus bertindak waspada agar tidak terkena kanker payudara, karena penyakit ini sangat mematikan. Dan penyakit ini dapat menyerang laki-laki maupun wanita dari segala umur. Anda yang belum terkena penyakit ini harus melakukan pencegahan terhadap penyakit ini agar tidak terkena penyakit tersebut. Berikut adalah beberapa cara agar tidak terkena kanker payudara:

1. Olah raga
Orang yang mempunyai lemak yang berlebihan di dalam tubuhnya memiliki kemungkinan besar terkena kanker. Untuk menghilangkan lemak di dalam tubuh tersebut adalah olah raga. Lemak akan hilang jika melakukan olah raga secara rutin. Menurut fungsinya sendiri lemak merupakan cadangan energi terbentuk dari glukosa. Bila cadangan tersebut tidak pernah digunakan akan menjadi lemak. Lemak tersebut harus diubah menjadi energi agar hilang. Dengan olah raga secara teratur dan sehat tersebut dapat mengurasi resiko penyebab kanker payudara.

2. Diet

Selain olah raga mengatasi lemak dapat dengan cara diet. Berbeda dengan olah raga yang mengolah lemak menjadi energi. Diet justru berupaya agar tubuh tidak terlalu berlebihan kandungan lemaknya. Caranya dengan memperhatikan pola makan dan makanan yang dimakan. Namun diet ini harus sehat, gizi dan nutrisi dalam satu hari juga harus tepat.

3. Pola hidup sehat

Bagi para orang yang terbiasa hidup yang kurang berkualitas setiap harinya. Yang dimaksud adalah orang yang lebih cenderung suka merusak diri dengan cara meminum alkohol dan menghisap rokok. Harus segera menghentikan kebiasaan buruknya karena selain merusak kesehatan secara keseluruhan. Pola hidup yang tidak sehat ini juga menjadi penyebab kanker payudara. Anda harus segera mungkin mengubah pola hidup menjadi lebih berkualitas untuk kebaikan diri Anda dan tentunya orang tersayang di sekitar Anda.

4. Jauhi makanan berlemak
Makanan yang mengandung lemak jenuh, lemak hewani ataupun makanan yang mempunyai kadar kolesterol harus dihindari sejauh mungkin. Untuk mengganti asupan lemak tersebut dapat dengan asupan lemak dari tumbuhan-tumbuhan saja. Perbanyak buah-buahan dan sayuran lebih baik dan ada beberapa buah-buahan yang dapat menetralkan sel-sel kanker pada tubuh contohnya cabai. Anda harus memulainya dari sekarang juga agar tidak terkena penyakit ini kemudian mencari obatnya.
Description: 6 Penyebab Kanker Payudara
Rating: 4.5
Reviewed by: hafiz ridho
On: Monday, December 03, 2018
TOP