Cara Melakukan Riset Kata Kunci Untuk SEO

Kata kunci menjadi hal penting pertama ketika sesorang blogger inging membuat copywriting SEO. Tentunya hal ini menjadi yang utama dalam penerapan strategi SEO. Sehingga ketika Anda akan menulis konten untuk website Anda, maka Anda harus berpikir tentang istilah pencarian yang mau Anda temukan dan bisa diterima oleh pikiran orang lain yang mana dapat mengetahui kata-kata untuk mereka yang sedang mencarinya. Jadi Anda bisa memakai istilah tepat untuk konten Anda, kemudian Anda bisa mulai membuat peringkat bagi mereka. Dengan membuat penelitian kata kunci, maka bisa membawa Anda untuk menghasilkan konten SEO berkualitas dan akan dengan mudah bersaing di mesin pencarian.

Apa yang dimaksud riset kata kunci SEO? 

Sebelum kami menjelaskan proses dari penelitian kata kunci, sebaiknya Anda melihat konsep pentingnya terlebih dahulu. Penelitian kata kunci didefinisikan menjadi sebuah pekerjaan yang harus Anda lakukan agar bisa menghasilkan daftar kata kunci sesuai dengan peringkatkan dan membuatnya menjadi bagian dari konten Anda nantinya. Strategi kata kunci menjadi keputusan penting berdasarkan penelitian kata kunci. Frase unik yang terkandung di dalam kata kunci memiliki banyak kata. Jadi ada baiknya, Anda menggunakan kata kunci kata setiap akan membuat konten, namun tidak hanya dalam satu kata. Kata kunci biasanya akan terdiri dari beberapa kata, dimana ketika kami berbicara tentang sebuahb kata kunci, maka kami biasanya mengartikan sebagai frasa, bukan hanya satu kata.

Sedangkan Kata kunci ekor panjang akan lebih spesifik dan terbilang kurang umum. Jika semakin panjang (lebih spesifik) maka istilah pencarian dari kata kunci ini bisa semakin mudah peringkatnya. Kata kunci lebih spesifik (lebih panjang) umumnya disebut sebagai kata kunci ekor panjang. Frase fokus (Focus Keyphrase) yaitu kata atau frasa yang mana akan sering Anda gunakan untuk halaman website. Disana Anda wajib meletakkan fokus keyprase ke dalam kotak meta plugin da itu tersedia dalam pengaturan SEO. Untuk mempelajari lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan penjelasan lengkap secara face to face untuk materi riset keyword ini dengan mengikuti kursus seo di kursusseomedan.com.

Kenapa penelitian kata kunci penting?

Penelitian dari kata kunci tepat merupakan satu bagian penting karena bisa memperjelas istilah dalam pencarian yang dipakai audiens. Kita mungkin sering menjumpai orang yang memakai satu set kata dimana menjelaskan produk, sementara pengguna target mereka memakai kata yang berbeda. Hal tersebut, akan membuat pelanggan potensial tidak bisa temukan website yang dimaksud, karena tidak memiliki kecocokan pada penggunaan katanya. Jadi kadang seorang pemasaran digital lebih memutuskan memberikan produk mereka dengan nama tertentu. Hal itu dapat menjadi keputusan pemasaran yang mana masuk dalam kategori cerdas. Itu akan membuat orang mengingat produk Anda dengan mudah.

Bagaimana cara melakukan riset kata kunci 

Untuk Anda disini, ada empat langkah melakukan riset kata kunci yang benar. Pertama, Anda tuliskan misi bisnis Anda. kemudian, Anda harus memberikan daftar semua kata kunci yang nantinya mudah ditemukan. Selanjutnya Anda melihat dari maksud pencarian dan akhirnya, dilanjutkan dengan membuat halaman arahan pada masing-masing kata kuncinya. Dengan menggunakan panduan ini, maka bisa membawa Anda kepada langkah-langkah yang lebih detail.

Lalu apa misi Anda? 

Sebelum melakukan sesuatu, sebaiknya Anda bisa pikirkan misi terlebih dahulu. Pikirkan pertanyaan-pertanyaan seperti: Tentang apa website Anda? Siapa yang mau Anda targetkan? Apa yang menjadi website Anda istimewa? Dengan begitu akan lebih tertargetkan saat Anda mau membangun sebuah website untuk public nikmati. Sekarang dibawah ini sudah kami siapkan cara melakukan riset kata kunci untuk website Anda.

Langkah 1 : Pastikan kata kunci sesuai website yang Anda bangun 

Pahami bahwa website Anda akan mudah untuk ditemukan hal itu sebagai persyaratan yang mana akan sesuai terhadap website Anda. Disini bisa kami contohkan apabila website Anda membahas tentang mainan, maka sebaiknya Anda jangan memasukan kata kunci jual sepatu. Hal tersebut akan menjadikan orang kecewa saat menemukan website Anda. Mereka akan segera kembali ke halaman utama Google dan langsung mencoba melakukan pencarian ulang.

Hal tersebut akan berdampak buruk bagi website Anda dan bisa mengakibatkan tingkat bouncing besar. Sehingga rasio pentalan tinggi akan memberi tahu kepada Google bahwa orang-orang tidak bisa menemukan apa yang mereka cari dengan istilah pencarian tersebut. Hal tersebut juga akan mengarahkan pada peringkat lebih rendah di kata kunci jual sepatu website Anda dan mungkin sepenuhnya akan dibenarkan karena Anda tidak tahu apa-apa tentang jual beli sepatu, maupun fashion.

Langkah 2 : Tools yang bisa Anda pakai 

Dengan membuat daftar istilah dari pencarian mungkin akan sulit untuk Anda lakukan. Sampai dengan tahun lalu mungkin Anda hanya bisa memeriksa menggunakan Google Analytics dan melihat banyak istilah yang dipakai orang untuk temukan sebuah website, namun sayangnya sekarang sudah tidak mungkin lagi terjadi. Sehingga Anda tidak mungkin tahu istilah mana yang sering dipakai orang dalam mesin pencari dimana bisa berakhir pada website Anda. Bahagialah sekarang, karena ada beberapa alat lain yang dapat membuat riset kata kunci Anda menjadi lebih mudah seperti Google Adwords Keyword Planner.

Langkah 3: Lihatlah maksud pencarian 

Strategi SEO sekarang menjadi sebagian besar membantu memberikan jawab pertanyaan banyak orang. Setiap orang yang memasukkan permintaan pencarian ke mesin pencari, mereka tentu mencari sesuatu. Jadi setiap jenis pertanyaan harus membutuhkan jawaban spesifik. Dalam artikel ini harus dasar-dasar SEO yang mana sering diungkapkan oleh para pakar SEO tentang maksud pencarian, dan mereka berkata:

Maksud dari pencarian terkait yang mana alasan mengapa orang membuat pencarian tertentu. Kenapa mereka mencari? Apakah mereka mencari dikarenakan memiliki pertanyaan dan inginkan sebuah jawaban dari pertanyaan tersebut? Apakah mereka juga mencari website tertentu? Apakah mereka mencari karena ingin membeli sesuatu? Saat Anda merencanakan sebuah konten, maka sebaiknya selalu tanyakan kepada diri sendiri tentang pertanyaan-pertanyaan tersebut yang mana di bagi empat jenis:
  • Informasi: Seperti dengan yang ditulis dalam pikiran orang, dimana orang berupaya mencari informasi topik tertentu. 
  • Maksud navigasi: Orang datang inging mengakses website tertentu dan memasukkan istilah mesin pencari. 
  • Tujuan komersial: Orang mau membeli sesuatu ke dalam waktu dekat dan dapat melakukan penelitian sebelum pembelian. 
  • Niat transaksional: Orang datang mencari maupun membeli sesuatu setelah melakukan pencarian komersial. 
Mencari tahu jenis niat apa yang berlaku jadi cobalah Anda mencocokkan maksud dari pencarian tersebut, sehingga benar-benar memberikan informasi kepada orang tentang apa mereka inginkan.

Langkah 4: Bangun halaman arahan

Langkah berikutnya untuk menuju strategi kata kunci dalam jangka panjang yaitu membuat halaman arahan. Di wkatu yang lalu, kita tahu bahwa setiap kata kunci yang mau Anda temukan harus memiliki halaman sendiri.

Tetapi sekarang mesin pencari cukup cerdas jadi kebanyakan orang sudah menggunakan maksud pencarian dan memberikan jawaban terbaik untuk para pencari pertanyaan. Halaman ini membantu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan nantinya menempati urutan teratas.
Description: Cara Melakukan Riset Kata Kunci Untuk SEO
Rating: 4.5
Reviewed by: Hafiz Ridho
On: Saturday, August 24, 2019
TOP