12 Cara Mengecilkan Perut Buncit

Lemak berlebihan sangat mudah menumpuk di dalam perut. Sehingga perut akan terlihat buncit dan penampilan menjadi tidak menarik. Selain merusak penampilan, perut buncit juga bisa menyebabkan berbagai penyakit. Bila anda mengalami kondisi ini dan ingin menjalankan program diet untuk pengecilan perut, harus dilakukan dengan tepat. Karena kebanyakan orang melakukan diet yang salah dengan mengurangi asupan makanan pokok. Sehingga anda justru kekurangan asupan gizi dan nutrisi yang memadai. Tak heran bila diantaranya malah mengalami sakit. Bagaimana cara mengecilkan perut buncit yang benar?

1. Tingkatkan asupan air putih

Air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga kesehatan. Air putih sangat berperan penting sebagai pelarut zat, meningkatkan kinerja hati dalam membuang racun dan metabolisme makanan di dalam tubuh. Jangan sampai tubuh kekurangan pasokan air putih, karena bisa berdampak pada dehidrasi dan penurunan metabolisme dalam sistem pencernaan.

2. Tingkatkan asupan makanan tinggi serat

Perut menjadi buncit, karena timbunan makanan yang tidak bisa dicerna secara maksimal dan tidak bisa dibuang dari usus dan lambung dengan sempurna. Makanan dengan kandungan serat tinggi bisa menjadi solusi permasalahan ini. Berbagai makanan tinggi serat yang bisa ada konsumsi, seperti sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan seperti pepaya dan mangga.

3. Tinggkatkan asupan sayuran dan buah segar

Buah dan sayuran segar sangat bermanfaat bagi sitem pencernaan.  Jenis makanan ini dikenal tinggi kandungan serat, vitamin, mineral baik bagi tubuh dan sistem pencernaan manusia.

4. Jangan konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat, soda dan alkohol

Makanan dengan kandungan kolesterol jahat, soda dan alkohol terbukti tidak ramah bagi saluran pencernaan. Kadar kolesterol tinggi bisa meningkatkan volume lemak di dalam tubuh. Soda bisa meningkatkan kadar glukosa di dalam darah. Sedangkan kadar alkohol bisa menghambat proses pencernaan makanan.

5. Jangan makan terlalu cepat

Proses menguyah makanan yang terlalu sebentar, kemudian menelannya bisa memperberat kinerja lambung. Kondisi ini akan membuat proses pencernaan di dalam lambung tidak maksimal. Kebiasaan makan ini bisa menjadikan perut berkembang semakin buncit.

6. Jangan konsumsi makanan sebelum tidur

Konsumsi makanan mendekati waktu tidur memiliki dampak buruk bagi proses pencernaan. Kebiasaan makan lalu tidur, akan membuat proses pencernaan tidak bekerja dengan optimal. Tubuh yang sedang beristirahat akan memaksa usus dan lambung bekerja lebih ekstra dalam mencerna makanan. Kondisi ini bisa mencetus perut buncit. Karena perut buncit disebabkan oleh proses pencernaan yang tidak sempurna.

7. Jangan pernah melewatkan jam makan

Kebiasaan telat makan bisa menyebabkan perut anda mengalami buncit. Karena terlewatnya jam makan, tubuh akan meresponnya dengan menambah kadar kortisol, nafsu makan bertambah dan lemak akan tersimpan di dalam perut. Sebaiknya anda konsumsi makanan sehat yang cukup, sehingga bisa mencegah nafsu makan yang berlebihan. Pola makan ini juga sangat bermanfaat dalam menjaga metabolisme tubuh, supaya tidak mengalami penumpukan lemak di dalam perut.

8. Kurangi asupan karbohidrat berlebihan

Asupan karbohidrat cenderung berlebihan di setiap harinya. Hal ini karena makanan pokok orang Indonesia adalah nasi putih. Sayangnya nasi putih memiliki kandungan karbohidarat dan gula yang sangat tinggi. Sebaiknya anda kurangi asupan nasi putih, kalau ingin menggantinya bisa mengonsumsi nasi merah, roti gandum dan makanan rendah karbohidrat lainnya. Disarankan anda meningkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran sehat.

9. Kurangi asupan makanan manis

Gula merupakan makanan yang tidak ramah bagi perut. Konsumsi gula berlebihan akan diubah menjadi lemak dan mudah tertimbun di dalam perut. Sebaiknya hindari konsumsi permen tinggi kalori dan bisa diganti dengan asupan buah-buahan bermanfaat, seperti strawberry, raspberry dan blueberry yang bisa menekan keinginan menyantap gula.

10. Tingkatkan konsumsi Vtamin C

Vitamin C terbukti bisa menjaga kadar kortisol di dalam tubuh. Vitamin ini juga sangat penting untuk memproduksi karnitin. Zat ini diperlukan tubuh guna mengubah lemak menjadi energi bermanfaat. Anda bisa mendapatkan kandungan Vitamin C  dari paprika, kubis, brokoli, buah citrus, jeruk dan lain sebagainya.

11. Rajin melakukan olahraga

Berolahraga sangat disarankan dalam program diet. Karena berfungsi dalam menjaga sirkulasi tubuh, meningkatkan kebugaran dan kesehatan tubuh. Pastikan olahraga yang anda jalani secara teratur, sehingga anda bisa merasakan hasil yang optimal dalam menghilangkan perut buncit. Berbagai olahraga bisa anda andalkan, seperti berlari, lompat tari atau sekedar bermain hula hoop. Bermain hula hoop bisa membakar 100 kalori, jika ana melakukannya sekitar 10 menit saja.  Melakukan lompat tali sangat efektif dalam membakar 730 kalori yang mengendap di dalam tubuh, bila anda melakukan olahraga ini sekitar satu jam. Sedangkan berlari bisa membakar sekitar 374 kalori, jika anda melakukanya selama 30 menit. Disarankan anda melakukan berbagai olahraga tersebut setiap hati, supaya bisa mendapatkan hasil yang menggembirakan.

12. Ciptakan kondisi relaks

Hormon kortisol dan stres bisa memicu berat badan berlebihan. Jika anda mengalami stres, maka hormon kortisol otomatis meningkat. Anda kerap mengalami stres kala sakit, krisis finansial, tekanan kerja dan lain sebagainya. Semakin berat tingkat stres anda, maka kadar kortisol bisa meningkat tajam. Kondisi ini bisa menyebabkan kerusakan sistem adrenal. Sehingga berat badan akan meningkat tanpa bisa terkontrol. Meningkatnya kadar kortisol juga bisa mengakibatkan hilangnya kekebalan tubuh dan ancaman peradangan semakin meningkat. Dengan menciptakan kondisi relaks, maka tingkat stres anda bisa diturunkan dengan alami. Sehingga berbagai ancaman tersebut bisa anda hindari.
Description: 12 Cara Mengecilkan Perut Buncit
Rating: 4.5
Reviewed by: hafiz ridho
On: Wednesday, December 02, 2015
TOP