13 Cara Menurunkan Berat Badan

Setiap pria dan wanita ingin memiliki berat badan ideal. Karena tubuh ideal akan menunjang penampilan dan kesehatan. Sayangnya tidak semua orang bisa menciptakan berat badannya yang ideal. Berbagai faktor bisa mencetus kelebihan berat badan ini, terutama karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Sebagian mereka melakukan upaya penurunan berat badan, tapi tidak mendapatkan hasil yang menggembirakan. Biasanya mereka gagal menjalani diet, karena tidak disiplin dan menerapkan metode diet yang salah. Bagaimana cara menurunkan berat badan yang tepat?

1. Melakukan olahraga dengan rutin

Sebagian besar orang malas berolahraga, apalagi menjalankannya secara teratur. Kesibukan aktivitas harian biasanya menjadi alasan utama. Jika anda sudah tidak nyaman memiliki tubuh yang obesitas, olahraga adalah aktivitas yang wajib anda lakukan. Berbagai olahraga bisa anda terapkan, diantaranya cardio atau lari, aerobik, angkat beban, beladiri dan sebagainya. Beragam olahraga tersebut sangat efektif  dalam membakar lemak dan kalori berlebihan di dalam tubuh. Sehingga anda bisa mendapatkan tubuh yang lebih ideal.

2. Tingkatkan intensitas berolahraga

Jika anda telah terbiasa dengan melakukan olahraga dengan rutin. Maka anda harus meningkatkan waktu dalam melakukan olahraga. Bila sebelumnya anda hanya melakukan lari selama 15 menit saja, bisa ditambah selama 30 menit. Upayakan intensitas waktu olahraga terus ditingkatkan setiap saat dan dilakukan secara bertahap.

3. Kurangi asupan garam

Para pakar kesehatan sangat menyarankan penderita obesitas atau kelebihan berat badan untuk tidak berlebihan dalam konsumsi garam. Sebaiknya anda mengurangi asupan garam hingga 2,5 gram setiap harinya dari total volume garam. Pengurangan kadar garam akan berimbas pada pengurangan kadar air di dalam tubuh. Sehingga berat badan akan mengalami penurunan.

4. Hindari konsumsi obat diet kilat

Banyaknya orang yang ingin tampil ideal tanpa berat badan berlebihan, membuat banyak produsen obat menciptakan produk diet yang menjanjikan hasil dalam waktu singkat. Para pakar kesehatan menyarankan untuk tidak terlalu tergiur dengan iming-iming tersebut. Cara diet singkat cenderung tidak sehat dan berbahaya bagi kesehatan. Selain itu diet singkat ini biasanya juga hanya bersifat sementara. Sehingga berat badan ideal anda tidak bisa terjaga dengan permanen.

5. Kontrol nafsu makan

Makanan adalah faktor utama penyebab kelebihan berat badan atau obesitas.  Makanan yang tinggi kolesterol, lemak dan karbohidrat menjadi santapan harian. Belum lagi anda suka mengonsumsi cemilan yang tidak sehat di luar jam makan. Untuk memiliki berat badan yang ideal, maka sangat penting untuk mengontrol nafsu makan. Terapkan pola makan yang dianjurkand alam program diet anda. Patuhi segala anjurannya dan hindari semua pantangannya.

6. Kurangi asupan gula dan hindari minuman bersoda

Minuman bersoda atau mengandung karbonat sangat dilarang. Minuman bersoda kaya akan kandungan gula dan kalori yang bisa mencetus berat badan berlebihan.

7. Hindari konsumsi junk food

Makanan siap saji atau junk food terbukti tidak sehat dan bisa menyebabkan obesitas. Satu porsi makanan cepat saji kaya akan kandungan kalori, sehingga bisa membuat badan anda semakin melar. Selain itu, junk food juga sangat berbahaya, karena kandungan lemak yang tinggi.

8. Tingkatkan asupan buah-buahan segar

Penderita obesitas sangat disarankan untuk mengonsumsi berbagai buah-buahan sehat. Karena buah bisa mengontrol nafsu makan dan juga buah bisa membuat perut kenyang. Buah yang bisa anda konsumsi, seperti semangka,  apel, melon, pisang dan buah sehat lainnya.

9. Mengurangi porsi makan

Porsi makan harian anda bisa saja terlalu berlebihan, sehingga bisa menyebabkan berat badan berlebihan. Anda harus bisa mengurangi porsi makan tersebut secara bertahap dan aman. Jika anda terbiasa makan dengan satu piring penuh, maka anda bisa menguranginya menjadi separuh porsi saja. Sehingga jumlah kalori yang berlebihan juga bisa anda kurangi.

10. Konsumsi air putih sebelum makan

Cara ini bisa anda terapkan, supaya rasa lapar anda bisa dikurangi sebelum makan. Sehingga anda tidak makan dalam porsi yang berlebihan. Minum air putih sebelum makan bisa memberikan rasa kenyang.

11. Konsumsi beras merah sebagai pengganti nasi putih

Beras merah kaya akan kandungan karbohidrat kompleks yang terbukti lebih sehat daripada konsumsi beras putih. Beras merah juga kaya serat dan membutuhkan waktu cerna lama. Sehingga tubuh merasa tetap kenyang dalam jangka waktu lebih lama. Beras putih kaya akan kandungan kalori dan lebih cepat dicerna. Rasa kenyang yang lebih lama dengan konsumsi beras merah, tentunya bisa menekan nafsu makan yang besar.

12. Tidur dengan cukup

Tidur yang cukup sangat dibutuhkan tubuh, karena pola tidur yang baik akan menjaga metabolisme dan hormon tubuh. Waktu tidur yang tidak tercukupi bisa berdampak pada kegagalan program diet anda.

13. Pantau kebutuhan kalori anda

Asupan makanan anda bisa saja berlebihan kalori, sehingga berat badan anda bisa meningkat tajam. Pada umumnya, seorang pria hanya membutuhkan kalori sebesar 2000 kalori saja setiap harinya. Sedangkan pada wanita hanya membutuhkan 1500 kalori saja. Konsumsi makanan dengan kandungan kalori berlebihan, bisa menyebabkan penimbunan kalori di dalam tubuh. Apalagi bila anda jarang melakukan aktivitas  fisik seperti olahraga. Maka kalori tidak bisa dibakar dengan optimal. Sehingga tidak heran kalau anda akan menderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Masih banyak lagi pola yang biasa anda terapkan dalam menurunkan berat badan secara alami. Konsistensi dan kedisiplinan sangat diperlukan. Sehingga anda bisa mendapatkan berat badan yang ideal. 
Description: 13 Cara Menurunkan Berat Badan
Rating: 4.5
Reviewed by: hafiz ridho
On: Saturday, December 05, 2015
TOP