2 Tips Mengecilkan Perut

Seandainya tidak ada perut buncit atau seandainya mengecilkan perut itu mudah mungkin Anda tidak akan terlalu pusing memikirkan cara bagaimana cara mengecilkan perut dengan cepat dan mudah. Sebenarnya untuk mendapatkan perut rata, Anda hanya perlu melakukan dua hal saja, yaitu olahraga dan menjaga pola makan Anda. Dua cara ini termasuk cara yang tepat, sehat, dan yang pasti aman untuk tubuh Anda.

Namun bila Anda ingin hasil yang cepat, Anda boleh gunakan cara lain seperti perawatan khusus yang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Sayangnya cara cepat ini tidak aman untuk kesehatan tubuh Anda. Agar hasilnya permanen dan sempurna, sebaiknya Anda dua cara ini, yaitu olahraga dan menjaga pola makan.

Olahraga

Olahraga wajib dilakukan oleh Anda yang inginkan tubuh langsing khususnya di bagian perut. Olaharaga tak wajib dilakukan di gym. Anda bisa melakukan olahraga di rumah, di luar di pagi hari, atau di tempat lainnya. Khusus untuk mengecilkan perut, ada beberapa jenis olahraga yang perlu Anda lakukan, yaitu sit up, push up, dan squat. Sit up adalah gerakan olahraga di mana Anda harus mengangkat tubuh bagian atas ke arah depan. Untuk melakukannya sangat mudah. Pertama, posisikan tubuh Anda dalam kondisi terlentang.

Kedua, angkat tubuh bagian atas Anda mulai dari perut bagian atas hingga kepala dengan bertumpu pada perut bagian tengah dan bawah Anda. Lakukan gerakan ini beberapa kali. Gerakan sit up ini mampu mengencangkan otot-otot perut Anda serta membakar lemak yang menumpuk di lapisan kulit perut Anda. Pada saat sedang melakukan gerakan sit up, pastikan bahwa tubuh Anda membentuk sudut 30 derajat.

Untuk jumlah gerakan sit up, tentu harus ditambahkan secara perlahan-lahan. Misalnya, untuk pemula, cukup lakukan sit up sebanyak 20 kali setiap kali olahraga untuk minggu pertama. Kemudian di minggu kedua, tambahkan jumlahnya menjadi 30 kali untuk sekali olahraga sit up, dan seterusnya. Demikian juga untuk 2 jenis olahraga lainnya. Usahakan lakukan 3 jenis olahraga khusus ini secara rutin selama 30 hari agar hasilnya maksimal.

Agar gerakan olahraga Anda tak difokuskan pada perut saja, Anda boleh melakukan jenis olahraga lainnya seperti jogging, jalan cepat, berenang, dan masih banyak jenis olahraga lainnya. Dengan rutin berolahraga, tak hanya tubuh langsing dan perut rata, melainkan juga tubuh menjadi lebih sehat dan bugar serta pikiran jauh akan menjadi lebih rileks sehingga Anda akan selalu siap melakukan aktivitas sehari-hari Anda.

Pola makanan dan Jenis Makanan

Kemudian hal terpenting yang kedua untuk miliki perut rata dan indah adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Pertanyaanya adalah jenis makanan apa saja yang sangat baik untuk tubuh dan dapat mengecilkan perut? Di dalam makanan yang Anda konsumsi setiap, terdapat beberapa jenis kandungan zat penting yang sangat penting untuk tubuh. Beberapa zat tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu tubuh menjaga stamina dan memberi nutrisi pada sel-sel dalam tubuh agar kinerja semua organ penting dalam tubuh tetap terjaga dengan baik.

Nah, khusus untuk program mengecilkan perut, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu proses pengecilan perut. Jenis makanan yang dimaksud adalah makanan yang banyak mengandung protein, buah-buahan, gandum, sayuran hijau yang banyak mengandung serat, daging merah tanpa lemak, dan kacang-kacangan. Anda juga direkomendasikan untuk mengkonsumsi wortel, kembang kol, mentimun, apel, jenis beri-berian, pir, tomat, brokoli, pisang, seledri, dan kol karena makanan-makanan lebih lama dicerna sehingga akan menimbulkan efek kenyang lebih lama.

Apakah ada pantangan dalam hal makanan? Tentu saja ada. Saat sedang dalam program pengecilan perut, sebaiknya hindari meminum minuman beralkohol, minuman manis seperti the manis, kopi, soda, dll, garam berlebih, gorengan karena gorengan memiliki kandungan lemak yang banyak dan sangat berbahaya, makanan siap saji dan junk food, dan snack yang tidak sehat.  Penting juga bagi Anda untuk tidak terlambat makan karena terlambat makan akan mengacaukan ‘jam’ metabolisme dalam tubuh Anda. Saat terlambat makan, kecenderungan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah besar juga akan sangat mungkin terjadi.

Hal lain yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah mengurangi porsi makan. Agar perut Anda tidak ‘kaget’, lakukan pengurangan porsi makan sedikit demi sedikit. Misalnya untuk minggu pertam, kurangi porsi makan sebanyak 1 sendok makan dan seterusnya untuk minggu kedua, ketiga, keempat, dst. Kemudian soal ukuran piring, gunakan piring yang lebih kecil untuk membantu Anda dalam mengontrol porsi makan Anda. Dengan menggunakan piring yang berukuran lebih kecil, porsi makan Anda terlihat banyak. Sebaliknya, jika Anda gunakan piring berukuran besar, Anda cenderung akan makan lebih banyak.

Satu lagi yang wajib Anda perhatikan untuk dapatkan perut langsing, kecil, dan rata yaitu soal kecepatan makan. Kunyahlah makanan yang ada di dalam mulut Anda dengan perlahan. Mengunyah makanan lebih lama akan membantu tubuh untuk memberikan sinyal rasa kenyang sehingga Anda tidak mungkin akan menambah porsi atau jumlah makanan Anda. Selain itu, mengunyah dengan lama sangat baik untuk kesehatan organ-organ pencernaan.

Pasalnya, makanan yang sudah dihaluskan secara maksimal di dalam rongga mulut akan meringankan kinerja organ-organ pencernaan sehingga organ-organ pencernaan akan terjaga kesehatan dan fungsinya. Bagaimana, sangat mudah bukan? Anda boleh mempraktikannya sekarang juga. Dalam mempraktikan tips-tips ini, dua  kunci yang perlu Anda perhatikan: tetap konsisten dan disiplin.
Description: 2 Tips Mengecilkan Perut
Rating: 4.5
Reviewed by: hafiz ridho
On: Wednesday, December 16, 2015
TOP