7 Cara Menghilangkan Ngorok yang Ampuh

Pernahkah anda merasa bahwa ketika tidur anda mendengkur? Atau orang lain yang sekamar ataupun serumah dengan anda mengatakan pada anda tentang dengkuran anda? Bagi seorang pendengkur atau mendengkur mereka tidak akan merasa bahwa mereka mendengkur. Mendengkur atau ngorok biasa terjadi pada hampir setiap orang.

Mereka yang mendengkur cenderung tidak menyadari suara dengkuran, namun justru itu bisa sangat tidak nyaman bagi pasangan sekamar anda. Jika persoalan mendengkur ini tidak segera diatasi justru bisa sangat mengganggu, orang yang mendengar cenderung akan kekurangan waktu tidur dan istarahat yang cukup. Untuk itu kita harus mencari cara menghilangkan ngorok atau mendengkur.

Mengenal Penyebab Mendengkur
Sebenarnya banyak faktor yang dapat membuat seseorang mendengkur. Mendengkur bisa saja terjadi karena getaran dari struktur-struktur pernapasan yang dapat menghasilkan sebuah suara. Bisa saja suara yang dihasilkan keras ataupun lembut, dan dapat kemungkinan terjadi suara yang dihasilkan dapat mengganggu indera pendengaran.

Mendengkur juga dapat terjadi saat kita tidak dapat memindahkan udara secara bebas melalui hidung hingga ke tenggorokan pada saat tidur. Hal inilah yang membuat jaringan bergetar sehingga menimbulkan bunyi yang khas. Kondisi mendengkur lebih banyak terjadi pada pria daripada wanita dan kondisi ini dapat lebih memburuk lagi seiring pertambahan usia.

Jenis-Jenis Mendengkur atau Ngorok
Faktor mendengkur ataupun ngorok ini pada setiap orang sangat berbeda beda. Kita harus mengetahui faktor apa yang menyebabkan ngorok, maka kita akan sangat mudah menemukan solusi untuk menghilangkan kebiasaan mendengkur saat tidur. Mendengkur bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti mengkonsumsi obat tidur, kebiasaan meminum minuman keras, obesitas, merokok, posisi tidur yang dapat membuat sirkulasi udara tidak baik, serta kelainan yang ada pada hidung dan juga tenggorokan.

Jika mendengkur terjadi pada anak-anak mendengkur bisa saja disebabkan karena amandel membesar. Apakah anda tahu bahwa kebiasaan mendengkur bisa saja menjadi sebuah tanda akan adanya penyakit yang serius? Penyakit ini dikenal dengan nama apnea tidur atau gangguan tidur yang dimana dapat membuat kita berhenti bernapas dalam waktu beberapa detik atau bahkan sampai dua menit pada saat kita terlelap.

Karena hal tersebut oksigen yang ada dalam darah dapat menurun sehingga kita terasa kelelahan dan terasa sakit kepala pada keesokan harinya dan juga gangguan tidur ini sangat berkaitan dengan penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.

Kita harus mengetahui beberapa jenis mendengkur ataupun ngorok sehingga kita dapat menghilangkan kebisaan tersebut.

1. Mendengkur Mulut
Mendengkur mulut dibedakan menjadi dua hal yaitu mendengkur mulut dan juga mendengkur lidah. Mendengkur mulut terjadi ketika kita bernapas melalui mulut pada saat tidur. Untuk mendengkur lidah, hal tesebut terjadi karena lidah berada pada belakang tenggorokan sehingga dapat menghalangi pernapasan.

2. Mendengkur Hidung dan Tenggorokan
Pada jenis mendengkur hidung biasanya terjadi karena adanya kelainan pada hidung seperti hidung tersumbat. Namun jika terjadi pada tenggorokkan hal tersebut dapat disebabkan karena getaran pada jaringan lunak yang ada di tenggorokan.

Solusi Menghilangkan Kebiasaan Mendengkur

Demi menjaga diri dari penyakit-penyakit yang tidak diinginkan dan juga agar pasangan sekamar anda mendapatkan kenyamanan saat tidur, alangkah baiknya jika kita mencari cara menghilangkan ngorok tersebut. Kebiasaan buruk mendengkur atau ngorok saat tidur harus benar-benar dihilangkan. Namun, sangat di sarankan untuk tidak memakai obat-obatan yang “katanya” dapat menghilangkan kebiasaan mendengkur. Hal tersebut sangat tidak dibenarkan , sebab obat-obatan menghilangkan ngorok secara medis belum terbukti efektif. Alangkah baiknya menghilangkan kebiasaan buruk mendengkur dengan melakukan langkah-langkah mudah berikut ini :

1. Istrahat yang Cukup
Biasakan diri anda mempunyai waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidur. Memiliki jadwal yang tidur yang buruk atau kurang tidur dapat membuat anda tidur mendengkur. Contoh kecil saja, ketika anda terlalu sibuk kerja sehingga waktu tidur andapun menjadi berkurang, lalu ketika kita mencapai titik dimana benar-benar sangat lelah. Kondisi kelelahan akan membuat otot-otot akan menjadi tidak tegang, sehingga ketika kita tertidur nantinya akan mendengkur.

2. Mengindari Minuman Keras dan Obat Tidur
Untuk orang yang tidak pernah mendengkur tapi sangat hobi meminum minuman keras, maka anda perlu waspada akan kebiasaan mendengkur ini nantinya. Orang yang telah meminum minuman keras emapt atau lima jam sebelum tidur, maka ia kan mendengkur lebih keras dari biasanya. Untuk itu ada baiknya untuk tidak mengkonsumsi minuman keras.

Bagi anda yang kesulitan untuk tidur dan memejamkan mata, jangan pernah terpikirkan untuk mengkonsumis obat tidur sebagai alternatif jalan kaluar yang baik. Obat tidur sebisa mungkin harus dihindari. Memang benar  dengan mengkonsumsi obat tidur maka anda akan lebih cepat terlelap, namun tahukah anda bahwa dengan mengkonsumsi obat tidur, bisa jadi membuat anda mendengkur saat tidur. Obat tidur dapat membuat otot sekitar leher menjadi sangatlah rileks, sehingga dapat membuat dengkuran anda semakin parah.

3. Perbanyak Minum Air Putih
Pada saat kita mengalami dehidrasi, maka saat proses pelepasan lendir yang ada pada langit-langit lunak akan lengket sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kita mendengkur. Sebab itulah kita wajib untuk memperbanyak mengkonsumsi air putih. Idealnya mengkonsumis air putih untuk pria adalah 16 gelas sehari dan untyuk wanita adalah 11 gelas seharinya.

4. Cobalah Menurunkan Berat Badan
Untuk anda yang mempunyai masalah mendengkur yang diakibatkan karena berat badan, maka anda bisa menurunkan berat badan untuk menghindari kebiasaan buruk mendengkur. Perhatikan apakah anda memulai mendengkur saat terjadi perubahan pada berat badan anda. Biasanya faktor utama terdapat dibagian leher, sehingga menyebabkan anda mendengkur saat tidur. Namun hal ini tidak berlaku untuk semua orang karena faktanya terdapat orang kurus yang juga mendengkur saat tidur.

5. Olahraga Teratur
Olahraga yang teratur selain membuat tubuh menjadi sehat, hal ini juga dapat menjadi cara menghilangkan kebiasan buruk saat tidur tersebut. berolah raga dengan menggerakkan tubuh dapat mengencangkan otot-otot pada tubuh, sehingga ketika anda tidur maka kebiasaan mendengkur akan sangat berkurang saat tidur.

6. Mengubah Posisi Tidur
Posisi anda tidur ternyata sangatlah berpegaruh terhadap kebiasaan mendengkur. Sebuah penelitian menyatakan bahwa tidur dengan posisi yang terlentang dapat mengakibatkan terjadinya dengkuran. Hal tersebut terjadi karena tidur pada posisi terlentang menyebabkan tubuh bertumpu pada punggung yang dapat mengakibatkan lidan dan pangkal langi-langit menjadi lunak yang terjadi pada mulut sehingga menutupi tenggorokan yang menyebabkan terjadinya getaran suara pada saat tidur. Disarankan untuk mengubah posisi tidur menyamping untuk mengurangi dengkuran.

7. Mencuci Hidug Dengan Air Garam
Jika anda mengalami mendengkur saat tidur yang diakibatkan karena hidung tersumbat dapat ditangini dengan baik, caranya adalah membuka saluran pada rongga hidung sehingga dapat tetap terbuka. Hal ini dapat melancarkan peredaran udara nantinya. Anda bisa mencuci hidung anda dengan larutan air garam sebagaimana menangani sinus, atau cara lainnya ialah dengan mandi air hangat ketika akan tidur malam.

Dengan mencoba melakukan cara menghilangkan ngorok atau mendengkur ini diharapkan kebiasaan buruk mendengkur dapat hilang secara perlahan dan kita bisa sehat dan juga terhindar dari penyakit gangguan tidur,  serta pasangan tidur kita juga mendapatkan kualitas tidur yang baik.
Description: 7 Cara Menghilangkan Ngorok yang Ampuh
Rating: 4.5
Reviewed by: hafiz ridho
On: Wednesday, August 30, 2017
TOP