Cara Memperbanyak ASI Cepat untuk Ibu Menyusui

Kesehatan bayi yang baru dilahirkan akan banyak bergantung dari kesehatan sang ibu. Seperti yang kita ketahui bahwa setelah bayi dilahirkan, ibu lah yang menjadi pemegang peran terpenting untuk tumbuh kembang anaknya. Nutrisi yang di dapatkan bayi adalah dari air susu ibu, sehingga jika nutrisi tersebut tidak diberikan akan menghalangi tumbuh kembangnya. Biasanya jika ibu menyusui terserang flu hal ini juga besar kemungkinannya bagi bayinya terkena flu tersebut. Sebagai ibu yang bijak hendaknya selalu mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat menjadikan tubuhnya tidak sehat. Selain antisipasi dalam kesehatan tubuh, lingkunga yang bersih juga menjadi prioritas untuk di perhatikan. Usahakan ibu dan bayi selalu terjaga keamanan dan kesehatannya. ASI sebagai asupan utama bagi tumbuh kembang bayi memiliki manfaat yang sangat penting. Sebelum mengetahui cara memperbanyak ASI dengan cepat, di bawah ini akan dijelaskan beberapa manfaat dari mengkonsumsi air susu ibu bagi bayi.
  1. Manfaat ASI untuk Tumbuh Kembang Bayi
Bayi yang baru dilahirkan hingga usia 6 bulan wajib untuk mmendapatkan asupan nutrisi berupa ASI eksklusif yang diberikan oleh sang ibu. Lalu sebenarnya apa saja manfaat yang di dapat dari ASI tersbut, berikut ini adalah manfaat ASI:
  • Menjadi makanan pokok bayi di usia 0 sampai 6 bulan. ASI adalah makanan terbaik bagi bayi untuk meningkatkan sistem imun tubuhnya. Ketika dilahirkan bayi akan mudah terserang penyakit seperti infeksi akibat virus tertentu. Dengan ASI yang mengandung anti bakteri akan membantu bayi terhindar dari penyakit akibat infeksi tersebut. Pada masa ini sangat penting , karena di usia ini akan menjadi tolak ukur untuk perkembangan bayi selanjutnya. Salah satu infeksi yang cukup berdampak parah adalah infeksi yang terjadi di bagian saluran telinga. Terdapat virus yang bisa menyebabkan saluran telinga terganggu, hal ini akan bertambah parah jika tidak segera di antisipasi karena menyebabkan anak tidak bisa mendengar atau mengalami tunarungu. Maka begitu hebatnya ASI ini untuk kesehatan bayi di masa depannya.
  • Meningkatkan tumbuh kembang bayi menjadi lebih optimal. Pertumbuhan tulang bayi akan di dapatkan dari ASI sang ibu. Pertumbuhan tersebut jelas akan berpengaruh unuk kedepannya. Sehingga dengan rutin memberikan ASI akan membantu bayi untuk lebih berkembang dengan cepat.
  • Selain bermanfaat untuk kesehatan bayi, ASI juga memberikan dampak positif bagi sang ibu yang menyusui. Dengan banyak memberikan ASI eksklusif bagi bayi, seorang wanita akan kehilangan resiko kanker yaitu jenis kanker payudara dan kanker ovarium. Hal ini dikarenakan menurunnya hormon estrogen dalam tubuh.
Selanjutnya akan dibahas bagaimana cara memperbanyak ASI dengan cepat untuk tumbuh kembang bayi. Mengingat proses selama 6 bulan ini sang ibu harus terus menerus memberikan ASI eksklusif bagi sang bayi. Berikut ini cara memperbanyak ASI dengan cepat :
  • Lebih sering untuk memberikan ASI eksklusif bagi bayi akan membantu produksi ASI yang dihasilkan meningkat. ASI yang selalu dirangsang untuk keluar dengan proses menyusui tersebut akan cepat keluar jika dilakukan secara intensif dan rutin. Seorang ibu yang baru melahirkan apalagi merupakan pengalaman pertamanya maka biasanya akan memiliki ASI yang susah untuk memproduksi dengan jumlah banyak. Oleh karena itu, lakukan proses menyusui ini dengan sesering mungkin, selain untuk memperbanyak ASI dengan sering menyusui ini akan membantu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang dibutuhkan oleh seorang bayi.
  • Mengkonsumsi makanan dan buah – buahan dengan rutin. Makanan yang kaya serat ini akan membantu ibu menyusui memproduksi ASI dengan lebih optimal. Kandungan dari sayur dan buah akan memberikan gizi penting dan bermanfaat untuk tubuh. Selain sayur dan buah, mengkonsumsi gandum dan rutin meminum air putih adalah salah satu hal yang perlu di perhatikan oleh sang ibu. Karena nutrisi yang di konsumsi oleh ibu menyusui akan di serap juga oleh bayinya.
  • Selain konsumsi makanan dan minuman yang kaya nutrisi. Kondisi psikologis seorang ibu yang menyusui juga berpengaruh terhadap banyak tidaknya produksi ASI yang nantinya akan diberikan pada bayi. Seorang ibu yang baru melahirkan biasanya akan kurang tidur dan membutuhkan waktu khusus untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Disinilah peran seorang suami untuk mrnjaga istri dan juga anaknya agar dapat terjaga kesehatannya. Hindari strees dan berpikirlah positif agar suasana hati menjadi baik yang berpengaruh terhhadap kesehatan bayi.
Dengan memperhatikan cara memperbanyak ASI dengan cepat bagi ibu menyusui, maka kebutuhan bayi untuk mendapatkan nutrisi yang bermanfaat akan terpenuhi dengan baik. Serta tumbuh kembang bayi menjadi lebih optimal.
Description: Cara Memperbanyak ASI Cepat untuk Ibu Menyusui
Rating: 4.5
Reviewed by: hafiz ridho
On: Monday, October 09, 2017
TOP