4 Tips Diet Golongan Darah O

Ada cukup banyak metode diet yang bisa dilakukan untuk membuat bobot tubuh menjadi ideal. Salah satunya adalah metode diet berdasarkan golongan darah yang dimiliki oleh pelaku diet. Antara seseorang dengan golongan darah O dan seseorang dengan golongan darah A akan memiliki spesifikasi diet yang berbeda. Metode diet berdasarkan golongan darah ini akan ditentukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek.

Salah satunya adalah aspek kemungkinan masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh pemilik golongan darah O. Anda para pemilik golongan darah O biasanya akan jauh lebih rentan terhadap beberapa gangguan kesehatan. Berdasarkan data yang diperoleh dari Health Care Ministry International, beberapa jenis masalaha kesehatan yang sering dialami oleh pemilik golongan darah O adalah sebagai berikut: mudah terkuras energinya sehingga akan mudah lelah, kekurangan hormone tiroid, hipertensi (tekanan darah tinggi), kolesterol tinggi, asam lambung tinggi, masalah pencernaan seperti salah satunya sembelit, tingginya risiko penggumpalan darah.

Kemudian untuk Anda yang bergolongan darah O, biasanya memiliki tipikal tubuh yang kuat. Selain itu, Anda yang memiliki golongan darah O biasanya memiliki masalah dengan berat badan dan memiliki orientasi terhadap kegiatan fisik. Soal makanan, daging dan kentang adalah kesukaan Anda, benar begitu? Anda yang bergolongan darah O juga adalah individu yang ekspresif dan mempunyai perasaan yang dalam.

Organ hati orang yang bergolongan darah cenderung lebih lemah. Sifatnya juga cenderung lebih mudah marah. Sisi baiknya dari  Anda yang mempunyai golongan darah O adalah bahwa Anda tipe pekerja keras. Anda juga cenderung percaya bahwa dengan mengkonsumsi minuman berkafein, Anda akan merasa lebh baik, fresh, dan bersemangat. Terakhir, Anda yang bergolongan darah O disebut-sebut sebagai pribadi yang ramah akan tetapi sedikit ‘sensitif’ dan antagonis dengan mereka yang bergolongan darah A dan B. Apa benar begitu?

Seperti yang sudah disebutkan di atas, salah satu masalah kesehatan yang kemungkinan sering terjadi pada seseorang yang bergolongan darah O adalah masalah berat badan. Berat badan pada Anda yang bergolongan darah O cenderung lebih sulit untuk dikontrol. Nah, salah satu pemicu naiknya berat badan secara signifikan pada tubuh Anda yang bergolongan darah O adalah faktor makanan. Berikut ini terdapat beberapa jenis makanan yang sebaiknya Anda kurangi atau bahkan Anda hindari agar berat badan Anda tak bertambah besar.

Makanan-makanan yang dimaksud adalah jagung, kubis, selada, kubis Brussel, kacang lentil, dan kembang kol. Info seputar pantangan mengkonsumsi beberapa jenis makanan ini dilansir dari Mind Body Spirit Wellness. Ada makanan yang dipantang, ada juga makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi. Apa saja jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi? Makanan-makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi ini sangat baik untuk dijadikan menu diet yang sangat efektif untuk turunkan berat badan Anda.

Daging

Bahan makanan yang pertama yang bisa Anda jadikan bagian menu diet adalah daging. Secara umum, terdapat tiga kategori daging yang wajib Anda ketahui, yaitu kategori daging yang bermanfaat, kategori daging yang bersifat netral, dan kategori daging yang harus Anda hindari. Yang termasuk ke dalam kategori daging yang bermanfaat adalah daging kerbau, daging sapi, jantung, hati, dan daging kambing. Sedangkan daging yang bersifat netral untuk Anda yang bergolongan darah O antara lain daging ayam, daging angsa, daging bebek, daging kelinci, daging kuda, daging kalkun. Dan wajib hindari mengkonsumsi daging babi karena selain mengandung lemak yang tinggi juga tidak baik untuk kesehatan.

Makanan hasil laut

Selain daging sapi, kerbau, kambing, kelinci, kuda, dan daging unggas, Anda dapat memasukan makanan hasil laut ke dalam menu diet Anda. Sama halnya dengan daging, Anda juga harus selektif dalam mengkonsumsi makanan laut karena tidak semua makanan laut baik untuk program diet Anda. Terdapat tiga kategori makanan laut yang wajib Anda perhatikan, yaitu kategori bermanfaat, netral, dan kategori harus dihindari.

Apa saja makanan laut yang bermanfaat, netral, dan wajib dihindari? Untuk makanan laut yang sangat bermanfaat untuk membantu program diet Anda adalah ikan trout, ikan cod, dan ikan halibut.  Sedangkan untuk makanan laut yang bersifat netral dan boleh Anda konsumsi adalah semua makanan laut selain jenis makanan laut yang tidak masuk ke dalam kategori bermanfaat dan kategori dihindari. Dan makanan laut yang wajib Anda hindari bila Anda sedang menjalankan program diet adalah abalone, herring, salmon, gurita, dan cumi-cumi.

Produk susu

Anda pemilik golongan darah O sebenarnya tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi produk susu. Namun demi mencukupi asupan gizi untuk tubuh Anda, ada beberapa jenis produk susu yang dinilai masih diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh Anda, seperti misalnya mentega, keju organic, keju kambing, dan keju mozzarella. Ada juga produk olahan susu lainnya yang sebaiknya Anda hindari seperti es krim dan yoghurt.

Buah-buahan

Dan menu diet yang terakhir adalah buah-buahan. Tidak semua jenis buah-buahan baik untuk Anda yang sedang berdiet. Apalagi bagi Anda pemilik golongan darah O. Ada 3 kategori buah-buahan yang harus Anda perhatikan, yaitu kategori buah bermanfaat, kategori buah yang bersifat netral, dan ketagori buah yang wajib Anda hindari. Golongan buah yang bermanfaat untuk Anda yang bergolongan darah O antara lain buah pisang, jambu, cherry, buah plum, dan mangga.  Sedang untuk buah yang bersifat netral, ada beberapa jenis yaitu cranberry, apel, kurma, anggur, jeruk, grapefruit, melon,  pir, papaya, nanas, raspberry, kismis, strawberry, dan buah semangka. Lantas, buah apa yang wajib dihindari? Buah yang wajib Anda hindari antara lain buah labu, kelapa, kiwi, blackberry, alpukat, dan pir Asia.
Description: 4 Tips Diet Golongan Darah O
Rating: 4.5
Reviewed by: hafiz ridho
On: Monday, February 27, 2017
TOP